Sabtu, 23 Januari 2016

Soal Islam dan Iptek (UAS 15/16)



UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2015/2016

Mata Uji: Islam dan Iptek
Semester: 3
Penguji: TEAM
Hari/Tanggal: Sabtu, 23 Januari 2016

1. Transformasi ekonomi membutuhkan berbagai dukungan, antara lain dukungan ketiadaan eksploitasi ekonomi. Bagaimana konsep dan implementasi larangan eksploitasi dalam Islam sebagaimana yang diajarkan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 188? (Skor 20)

2. Terdapat tiga landasan ekonomi Islam yaitu landasan aqidah, landasan moral, dan landasan yuridis. Apa yang dimaksud dengan landasan moral? Sebutkan beberapa sikap yang termasuk dalam landasan moral! (Skor 20)

3. Salah satu prinsip ekonomi Islam adalah adanya prinsip halal dan haram. Uraikan bentuk-bentuk perbuatan yang termasuk dalam prinsip halal dan haram tersebut! (Skor 20)

4. Islam telah memberikan dasar-dasar ajaran dalam berbisnis. Apa saja dasar-dasar berbisnis yang Islami sebagaimana yang diajarkan dalam Al-Quran dan Sunnah? (Skor 20)

5. Tulis kembali dan terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia hadis berikut (20)
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ نَهَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْمُحَاقَلَةِ وَالْمُخَاضَرَةِ وَالْمُلاَمَسَةِ وَالْمُنَابَذَةِ والْمُزَابَنَةِ – رواه البخارى

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar