Kamis, 21 Januari 2016

Soal Kemuhammadiyahan (UAS 15/16)



UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2015/2016

Mata Uji: Kemuhammadiyahan
Semester: 4
Penguji: TEAM
Hari/Tanggal: Kamis, 21 Januari 2016

1. Muhammadiyah merupakan gerakan Islam dan dakwah amar makruf nahi mungkar. Untuk mencapai tujuannya maka Muhammadiyah membuat struktur organisasi secara vertikal maupun horizontal. Jelaskan susunan organisasi Muhammadiyah secara vertikal dan horizontal! (Skor: 20)

2. Organisasi otonom merupakan organisasi di bawah Muhammadiyah yang memiliki wewenang untuk mengatur rumah tangganya sendiri, dengan bimbingan dan pembinaan oleh pimpinan Muhammadiyah. Sebutkan dan jelaskan organisasi otonom Muhammadiyah! (Skor: 20)

3. Sejak berdiri hingga sekarang ini Muhammadiyah fokus dalam bidang pendidikan dan pengajaran. KH. Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah mengatakan: Nilai dasar pendidikan yang perlu ditegakkan dan dilaksanakan untuk membangun bangsa yang besar. Jelaskan nilai dasar pendidikan tersebut! (Skor: 20)

4. Muhammadiyah merupakan gerakan social keagamaan mengembangkan misi dakwah amar makruf nahi mungkar senantiasa bersikap aktif dan konstruktif dalam usaha-usaha pembangunan sesuai dengan khittah perjuangan. Jelaskan khittah perjuangan Muhammadiyah dalam meghadapi permasalahan bangsa dan negara! (Skor: 20)

5. Dalam menjalankan kerja organisasinya, Muhammadiyah memerlukan dukungan dana. Di samping itu gerakan ekonomi Muhammadiyah juga akan berdampak pada pemberdayaan ekonomi warganya, menciptakan lapangan kerja dan mengatasi kemiskinan. Jelaskan gerakan ekonomi Muhammadiyah yang bisa dijalankan! (Skor: 20)

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar